Categories

Pengalaman dengan Telkom Speedy (Plus-Minus)

Pendaftaran
Saya tertarik dengan iklan Telkom dengan promosi Speedy, yaitu (kalau tidak salah :-) ) akan dapat modem gratis bila aplikasi baru disetujui sebelum april 2006. Saya sudah memenuhi semua syarat-2 yang diperlukan, dan janjinya maksimal 1 minggu akan ada staff Telkom yang akan menghubungi, dan semua pembayaran dilakukan setelah pemasangan dan internet bisa up & running, tapi ternyata … semua hanya mimpi :( .
Yah karena (calon) pelanggan, dipihak yang lemah, gagal deh dapat internet broadband. Setelah saya tanya statusnya, ternyata saya harus datang sendiri ke Plasa Telkom terdekat, BT banget deh. !@#$%^&*()…..

Ok deh, setelah mengalah dengan datang ke Plasa Telkom di Wisma Iskandarsyah (pakai bolos kantor lagi), dan ngantri selama 1 jam sebelum dapat giliran, ternyata alokasi nomor baru untuk pelanggan baru sudah habis, gile gak sih …. mbok ya ditaruh pengumuman di depan Plasa Telkom tuh, bahwa speedy untuk sementara habis. Jadi gak buang waktu (calon) pelanggan !!!
Gimana mau kompetisi di AFTA, kalau servisnya kayak gini.
Saya komplain ke call center nya Telkom, dan coba tebak apa jawabannya? … Kalau mau ya tunggu saja pak, kalau gak ya cari aja yang lain …. hebat sekali ….
Untungnya saya sempat tinggalin no HP saya di Plasa Telkom, dengan pesan kalau nomor speedy sudah ada, tolong hubungi saya yah ..

Pemasangan
Saya lupa tanggal pastinya, tapi sekitar awal bulan juli 2006, saya dihubungi oleh orang Telkom bahwa nomor speedy sudah tersedia, dan saya cukup tunggu di kantor, dan mereka akan datang untuk pendaftaran … HOREEE!!! akhirnya bisa juga mereka jemput bola.
Singkat cerita, meskipun saya gagal dapat modem gratis, speedy saya akhirnya up & running tanggal 16 juli 2006. Benar-2 internet broadband, saya langsung test download file GUEDE, dan download bandwidth memang benar-2 384 kps, fantastic!

Sekarang mengenai tagihan

  1. Pemakaian saya untuk bulan pertama “overlimit”, & saya sudah membayangkan berapa juta saya harus bayar ke Telkom, dan ternyata “hanya” sekitar 700 rb, dan bagusnya, abonemen tidak 300 rb, tapi sekitar 150 rb, dan mereka menerapkan prorata ternyata. Terima kasih Telkom. Oh ya, surat tagihan datang kira-2 1 minggu sebelum jatuh tempo (20-aug-2006)
  2. Pemakaian bulan kedua juga overlimit, dengan tagihan sekitar 600 rb (saya telp ke 109, karena sampai hari ini:H-2: belum terima surat tagihan). Bayar dari ATM BCA & Mandiri belum bisa, payah bener. Hari genee gak bisa bayar lewat ATM? Bagusnya Telkom adalah: mereka menelpon saya ke HP, memperingatkan agar membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Tips & Triks

  1. Matikan modem bila tidak digunakan, untuk menghindari upload/download yg tidak dikehendaki (seperti aplikasi peer to peer)
  2. Untuk pemakaian intensif, biasakan mengecek pemakaian di www.telkomspeedy.com
  3. Sebisa mungkin gunakan download accelerator (seperti DAP), sehingga kita bisa menggunakan fitur “resume download”. Bayangin aja kalao kita download ratusan mega, udah 99% & ternyata putus & harus mengulang dari awal, bisa jebol kantong untuk bayar tagihan (yg selalu over quota)
  4. Jangan lupa bayar tagihan sebelum jatuh tempo. Kalau tagihan belum datang, cek ke 109

22 comments to Pengalaman dengan Telkom Speedy (Plus-Minus)

  • dediaji

    saya menggunakan telkomspeedy baru 2 mingguan, namun koneksi ke internetnya sering putus ketimbang koneknya.
    Saya sudah sering memanggil teknisinya dan harus membayar ongkos jalannya…jika terus-terusan begini saya kesal juga..
    gimana cara seting telkomspeedy langsung oleh saya tanpa manggil teknisi yang nota bene harus dibayar setiap kali dipanggil untuk service ?

  • Boleh tahu masalahnya apa ya? Saya sejak pakai pertengahan juli sampai sekarang gak pernah panggil teknisi telkom speedy. Sebisa mungkin kuasai modem router anda. Saya pakai Allied Telesyn AT-ARW256E, yang berfungsi sebagai modem, router, & wireless access point dengan 4 ethernet port (jadi saya bisa pakai laptop / PDA dengan wireless, semacam wifi hotspot, bisa nyambung dari mana saja di rumah).
    Kadang-2 ada gangguan koneksi, tapi cukup dengan restart si AT-ARW256E (matiin, lalu hidupin lagi), trus tunggu sekitar 3-5 menit, hidup lagi deh :)
    Untuk performance saya puas kok, bandwidth sesuai dengan yang mereka janjikan, masalah cuma overlimit, jadinya bayar leb ih dari 500 rb sebulan :(

  • bsdfox

    Waktu bulan September kemarin kata direktur telkom tarif speedy akan turun di bulan Oktober. Apa sudah direalisasikan ?

  • Kayaknya sih belum, soalnya belum ada perubahan di struktur harga speedy di http://www.telkomspeedy.com
    Padahal sekarang sudah November nih, bahkan ternyata omongan orang dengan level tsb belum terbukti … :(

  • Ada update berita baru di detikinet.com pagi ini (http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/11/tgl/03/time/055100/

    idnews/703427/idkanal/331) dengan headline “Tambah Bandwidth, Telkom Janji TurunkanTarif”, bandwidth ke internet akan ditingkatkan dari 1.2 Gbps ke 1.5 Gbps, cuma belum jelas seberapa banyak tarif turun & kapan turunnya??

  • Akhirnya turun juga tarif speedy, informasi didapt dari detiinet.com:
    http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/11/tgl/09/time/141753/
    idnews/706057/idkanal/331
    Berikut kutipannya:
    Dalam skema tarifnya yang baru, Speedy for Personal akan dikenakan biaya bulanan turun dari Rp 300 ribu menjadi Rp 150 ribu, quota ditambah dari 750 MB menjadi 1 GB, dan biaya kelebihan pemakaian (Excess Usage) turun dari Rp 700/MB menjadi Rp 500/MB

    Untuk Speedy for Profesional, biaya bulanan turun dari Rp 700 ribu menjadi Rp 350 ribu, quota ditambah dari 2 GB menjadi 2,5 GB, dan biaya kelebihan pemakaian turun dari Rp 700/MB menjadi Rp 500/MB.

    Skema tarif untuk Speedy for Office adalah, biaya bulanan turun dari Rp 2 juta menjadi Rp 1 juta. Sedangkan Speedy for Warnet biaya bulanan turun dari Rp 3 juta menjadi Rp 2,25 juta.

    Tetapi di website http://www.telkomspeedy.com/new/main.php, masih tercantum tarif lama …

    Kita tunggu saja …

  • Setelah sempat simpang siur di detik.com dari pagi sampai sore, akhirnya muncul juga berita resmi (http://www.telkomspeedy.com/new/corporate.php?section=press&id=38).
    Berita sejenis juga ada di detik.com (http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/11/tgl/10/time/164024/
    idnews/706688/idkanal/331)

  • Dandy

    pengalaman aku pake speedy limited yg 750mb.. bulan pertama, pemakaian over sekitar 300mb, tapi tagihan total Rp 240rb doank, plus denda 20rb-an, karena tagihan pertama ga datang dan ga ada pemberitahuan sementara saat pertama pasang sales memberitau kalo tagihan bersatu dengan telp rumah. bulan kedua pemakaian rada jor joran karena asumsi 3 bulan pertama kelebihan pemakaian gak dihitung, taunya tagihan total 700rb, ternyata telkom yg kesalahan billing pada bulan pertama, selanjutnya bulan ke3 dan seterusnya billing berjalan dengan normal. dan sekarang tau kalau pelanggan baru dapet discount 50%, bete gak ya? ga usah dikasih tau deh.

    sama kasusnya sama fitnes centre equinox, temen aku cerita dulu dia registrasi dibuat eksklusif, cukup mahal sampe berjuta2, lalu beberapa bulan kemudian diberlakukan sistem tembak alias jam jam-an tanpa biaya registrasi, jelas member lama pada dongkol. semoga jadi pertimbangan buat pihak lain, berhati2 selalu, nerd2 internet aja bisa pada kena spyware yg ngabisin quota, apalagi pengguna awam spt ibu2 dan adik2 cewek yg gaptek.


  • Sejauh ini yang saya melihat speedy sudah melakukan banyak perbaikan dari segala aspek dan saya yakin itu semua dilakukan untuk kepuasan bersama saat menggunakan akses internet Telkom Speedy.

    Terimakasih.

  • edwin

    dimana mana ada aja yaaa pemberitaan speedy, kebanyakan sii yg nehatip2 :D gw jadi ragu mau masang speedy, mungkin harus kembali ke warnet :D

  • cihui

    Internetan dengan fren bisa lagi. Pindah port, ga perlu port 554 maning. Ga pake proxy Vietnam ama ekuador juga. Bisa download sepuasnya lagi…. Hebatnya…. Ga perlu isi pulsa, jadi tanpa pulsa sama sekali… mau? Email buat infonya: fren_gratis@telkom.net

  • banyak diberitakan dari tahun 2006,di Surabaya tarif speedy turun 50%, tarif speedy turun 50%, tapi di Jawa tengah kok tak ada perubahan tarif ? Yg abunemen paling limit pun masih Rp. 200.000,- Jadi yang turun tarif yang mana ya ?

  • #benny leo: Rp 200 rb itu udah turun kan, tadinya Rp 300 ribu. Denger-2 sih akhir taun mau dinaikin bandwidth nya, dari 384 kbps ke 512 kbps. Let’s pray .. :)

  • #budi: Harapan Mas Budi terkabul, sekarang malah dinaikkan menjadi 1 Gbps terhitung sejak tanggal 20 Mei 2008 walaupun masih di beberapa divre. Yah, bravo deh Speedy!

  • #sherlockindo: iya bener, terutama yang di daerah. Kalau Jakarta belum semua kayaknya. Maunya sih pakai Fastnet yg unlimited, soalnya speedy belum bisa. Sayang Fastnet belum mampir ke rumah :(

  • Oil City

    Saya menggunakan AT-ARW256E, setelah saya setting modem dan upgrade Firmarenya, ternyata hingga saat ini modemmnya ga mua connect, sudah matikan dan hidupkan selama 3-5 menit yang muncul bukan Local only seperti biasa sebelum di connect internet tetapi yang muncul adalah limited connectivity, tolong dong gimana caranya supaya si AT-ARW256E saya bisa dipergunakan lagi bahkan di reset juga tetap ga mau.

    Juga saya coba setup melalui 192.168.1.1 juga ga mau, apakah untuk setup memerlukan driver modemnya, kebetulan punya saya (CD drivernya)rusak ga bisa dipergubakan lagi, sekalian dong kirimin cd drivernya. Thanks atas bantuannya.

  • #Oil city

    Gak perlu pakai driver pak. Coba connect ke 192.168.1.1 pakai kabel ethernet dulu, jangan pakai wireless. Setelah direset, biasanya username & password speedy juga ikut hilang. Coba anda set dulu user & password nya, kalau lupa bisa minta direset di Plasa Telkom terdekat.

  • Rustady rovani

    sya baru psng speedy seminggu yl…dan ok.ok.saja sya pakai aksesnya cepat…sya memakai speedy personal 50 jam abodemen ..cuman saya mau tau rekan2 klo kebutuhan utama saya sementara ini sebatas chatting YM dan Camfrog melum banyak downdload situs2,apakah lebih baik…memakai 50 jam atau 1 GB hemat mana? sama halnya pemakaian pulsa Handphone kita seirit2 cari yg mana menawarkan promosi yg up to date alias murah! nah..demikian saya kebutuhan di speedy ini….50 jam atau 1 GB menurut pembaca mana yg efiesensi dlm chat….pemakaian .trim..Jery-jawa tengah….

  • Rustady rovani

    sementara akses speedy belum mengalami lambat…..msh ok2 saja.Good !!!!!!!!

    mail …… rus_kbm@yahoo.com

  • Samuel

    bagaimana cara berlangganan?ada pahe?trims

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>